You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords

Kamis, 26 April 2012

TIPS MELAKUKAN PRESENTASI

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan presentasi :
  • Para ahli komunikasi massa, khususnya para orator, berpendapat bahwa menyampaikan presentasi bukan berbicara kepada hadirin, tetapi berbicara bersama orang-orang yang hadir mengikuti acara tersebut. Karena itu, kita akan mendapatkan respons bahkan sanggahan, dan pertanyaan-pertanyaan dari mereka. Untuk itu, bagi yang menyampaikan presentai harus bersikap menghargai dan menyatu dengan hadirin. Artinya, pandangan mata harus terarah kepada hadirin dalam acara tersebut. Bukan memandang atap (langit-langit) atau lantai. bagi yang belum terbiasa menghadapi massa disarankan untuk tetap menghadap ke hadirin dengan melayangkan pandangan mata pada ubun-ubun orang yang hadir.
  • Kepribadian, vitalitas, dan antusiasme dari pelaku presentasi sangat menentukan dan merupakan kunci keberhasilan presentasi.
  • Gaya bicara yang baik, jelas dan mudah dimengerti sangat membantu keberhasilan presentasi.
  • Presentasikan gagasan Anda dalam alur yang teratur. Jika gagasan tersebut kompleks, bisa diperjelas dengan contoh atau analogi, atau peraga bantu lainnya.
  • Berbicaralah yang wajar dan spontan. Sesuaikan tempo suara Anda, sehingga orang yang paling belakang pun bisa mendengar setiap kata Anda dengan jelas. Kalau perlu berikan penegasan atau pengulangan atau jeda, sehingga penyampaian Anda mencapai sasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar