You could put your verification ID in a comment Or, in its own meta tag Or, as one of your keywords

Sabtu, 21 April 2012

ISTILAH DALAM REKAYASA BANGUNAN TAHAN GEMPA

Gempa Ringan
Gempa yang kemungkinan terjadinya adalah sekali saja atau dengan probabilitas sekitar 60 % dalam kurun waktu umur gedung. 

Analisis Beban Dorong Statik (Static Push Over Analysis) pada Struktur Gedung
Suatu cara analisis statik 2 dimensi atau 3 dimensi linierdan non-linier, dimana pengaruh gempa rencana terhadap struktur gedung dianggap sebagai beban-beban statik yang menangkap pada pusat massa masing-masing lantai, yang nilainya ditingkatkan secara berangsur-angsur sampai melampaui pembebanan yang menyebabkan terjadinya pelelehan (sendi plastis) pertama di dalam struktur gedung, kemudian dengan peningkatan beban lebih lanjut mengalami perubahan bentuk elastis-pastis yang besar mencapai kondisi di ambang keruntuhan.

Analisis Beban Gempa Statik Ekuivalen pada Struktur Gedung Beraturan
Suatu cara analisis statik 3 dimensi linier dengan meninjau beban-beban gempa statik ekuivalen, sehubungan dengan sifat struktur gedung beraturan yang praktis berperilaku sebagai struktur 2 dimensi, sehingga repons dinamiknya praktis hanya ditentukan oleh respons ragamnya yang pertama dan dapat ditampilkan sebagai akibat dari beban gempa statik ekuivalen.

Analisis Beban Gempa Statik Ekuivalen pada Struktur Gedung Tidak Beraturan
Suatu cara analisis statik 3 dimensi linier dengan meninjau beban-beban gempa statik ekuivalen yang telah dijabarkan dari pembagian gaya geser tingkat maksimum dinamik sepanjang tinggi struktur gedung yang telah diperoleh dari hasil analisis respons dinamik elastik linier 3 dimensi.

Analisis Perambatan Gelombang
Suatu analisis untuk menetukan pembesaran gelombang gempa yang merambat dari kedalaman batuan dasar ke muka tanah, dengan data tanah di atas batuan dasar dan gerakan gempa masukan pada kedalaman batuan dasar sebagai data masukannya.

Analisis Ragam Spektrum Respons
Suatu cara analisis untuk menentukan respons dinamik struktur gedung 3 dimensi yang berperilaku elastis penuh terhadap pengaruh suatu gempa melalui suatu metoda analisis yang dikenal dengan analisis ragam spektrum respons, dimana respons dinamik total struktur gedung tersebut didapat sebagai superposisi dari respons dinamik maksimum masing-masing ragamnya yang didapat melalui spektrum respons gempa rencana.

Analisis Respons Dinamik Riwayat Waktu Linier
Suatu cara analisis untuk menentukan riwayat waktu respons dinamik struktur gedung 3 dimensi yang berperilaku statik penuh terhadap gerakan tanah akibat gempa rencana pada taraf pembebanan gempa nominal sebagai data masukan, di mana respons dinamik dalam setiap interval waktu dihitung dengan metoda integrasi langsung atau dapat juga melalui metoda analisis ragam.

Analisis Respons Dinamik Riwayat Waktu Non-linier
Suatu cara analisis untuk menentukan riwayat waktu respons dinamik struktur gedung 3 dimensi yang berperilaku elastik penuh (linier) maupun elasto-plastis (non-linier) terhadap gerakan tanah akibat gempa rencana sebagai data masukan, di mana respons dinamik dalam interval waktu dihitung dengan metoda integrasi langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar